Bagaimana Langkah-Langkah dalam Pengerjaan Website?

Layaknya sebuah proyek, order pembuatan website membutuhkan manajemen proyek secara profesional agar terarah dan terukur. Dengan adanya manajemen proyek yang handal akan memberikan kesempatan untuk sukses bagi karier Anda di bidang website developer.

Bagaimana Langkah-langkah dalam Pengerjaan Website?

Sedangkan untuk Anda sebagai klien, Anda juga perlu tahu bagaimana alur yang dikerjakan website developer . Berikut langkah-langkah pengerjaan website.

  • Inisiasi: Langkah pertama adalah Inisiasi. Ini adalah langkah di mana Anda membuat kontrak / perjanjian dengan klien. Pada tahap ini harus dijelaskan terlebih dahulu deskripsi pekerjaan, fasilitas apa yang akan di terima, rincian harga, timeline pekerjaan, berapa kali revisi dan sistem pembayaran. Pada tahap pertama ini semua harus jelas, karena terkait hak dan kewajiban antara website developer dan klien. Pada tahap ini bisa dilakukan dengan membuat surat atau perjanjian kontrak.
  • Perencanaan: Langkah kedua dan penting dalam manajemen proyek. Perencanaan harus dilakukan secara bijaksana dan setiap detail harus dicakup dalam perencanaan. Pertama lingkup proyek harus didefinisikan. Ini berarti bahwa salah satu kebutuhan untuk menjelaskan bagaimana lingkup (terkait kedetailan) proyek, tujuan dan hasil akhirnya. Jika Anda dapat mengatur untuk menjelaskan rincian proyek benar, maka itu akan mempermudah pekerjaan pembuatan website.

Kedua, mengidentifikasi fitur utama dari proyek ini. Buatlah daftar hal-hal apa yang Anda perlu menyertakan dan apa pentingnya fitur tersebut dalam website klien, kemudian membandingkan dengan refrensi yang ada. Desain sitemap dari proyek Anda juga harus dibuat, sehingga Anda tidak lupa rincian apapun dan yang membantu Anda untuk menentukan langkah pengerjaan website.

Tidak lupa dalam perencanaan ini juga membahas nama domain yang diinginkan klien.

  • Designing: Desain memiliki beberapa arti ketika datang ke pengembangan Web. Di sinilah sebenarnya “desain” proses dimulai. Berdasarkan merek / warna perusahaan yang ada jika ada, statis “mock-up” dari situs Anda akan dibuat, menunjukkan bagaimana tampilan website. Apakah ada masukan, ada yang dikurangi, di tambahkan. Fitur apa saja, warna, kategori, dan sebagainya. Setelah semua telah sepakat pada desain situs itu sendiri, sekarang saatnya untuk membuatnya bekerja.
  • Mengecek kembali: Setelah merancang dilakukan, langkah berikutnya mengecek kembali. Hal ini sangat penting apakah ada proses yang terlewat atau tidak. Mengecek apakah fitur telah berjalan. Apakah ada plugin yang salah atau kurang tepat. Selain itu juga memberikan Anda waktu untuk melihat apa yang telah Anda lakukan saat melakukan desain website dan pengembangan.
  • Proses Revisi. Untuk membatasi waktu, maka proses revisi harus dibicarakan di depan. Setelah dianggap selesai, proses revisi bisa dilakukan. Hal ini membuka kesempatan klien untuk ikut andil dalam merancang website. Membuka komunikasi, hal-hal apa saja yang diharapkan dari klien dalam websitenya.
  • Serah Terima. Bila sudah selesai, developer website dapat mengabari klien bahwa website sudah dapat beroperasi.Dalam hal ini dilakukan proses penyelesaian hak dan kewajiban. Dalam hal ini kewajiban developer website adalah dengan memberikan username, password, akses cpanel, dan tutorial website.
  • Publishing: Setelah Anda telah diperiksa ulang pekerjaan Anda, saatnya untuk mempublikasikan website Anda. Jika Anda telah mempersiapkan list to do untuk klien Anda maka Anda dapat menampilkan dan menawarkannya kepada mereka.

Jasa Pembuatan Website Profesional di Surabaya

Demikian langkah dalam pengerjaan Website. Jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website profesional di Surabaya atau bahkan dimana pun Anda berada, Anda dapat menghubungi kami. Semua proses dan langkah di atas dapat kami kerjakan secara online baik via email maupun Whatsapp. Dengan senang hati kami akan membantu untuk keperluan Anda.

order-pembuatan-website-surabaya